Pengertian prakarya dan kewirausahaan adalah:
Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.
Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII sampai dengan IX meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII sampai kelas IX ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.
Harapan penulis buku ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah masing-masing. Penulis juga berharap buku ini dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa serta turut melestarikan kerajinan, budaya, dan teknologi bangsa Indonesia.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam upaya penyusunan buku ini. Untuk itu segala saran dan kritik demi perbaikan buku ini sangat penulis nantikan.
- Prakarya berasal dari menggunakan kata pra dan juga karya yang didalam pra memiliki makna belum dan karya adalah sebuah hasil kerja. Sehingga sebuah prakarya akan dapat disimpulkan sebagai sebuah hasil kerya yang dimana belum jadi, sebuah prakarya akan masih berbentuk proof of concept atau yang lebih dikenal dengan sebutan prototipe. Umumnya prakarya tidak akan memiliki target pemasaran yang dikarenakan tidak adanya pengguna ataupun konsumennya. Umumnya pengguna daripada benda prakarya adalah pembuatnya sehingga kualitas tidak akan menjadi perhatian dikarenakan hanya bentuk dasarnya saja.
- Kewirausahaan adalah sebuah bentuk dari proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi, pengembangan dan juga menciptakan visi ke dalam sebuah kehidupan. Umumnya visi tersebut akan dapat berbentuk seperti sebuah ide inovatif, peluang hingga jalan yang dianggap lebih baik ketika melakukan sebuah hasil. Sehingga hasil akhir yang terjadi adalah terciptanya sebuah usaha baru yang berasal dari kondisi resiko maupun ketidakpastian yang telah dialami oleh sang pembuat usaha. Meskipun begitu, kewirausahaan memiliki makna yang berbeda diantara satu ahli dengan ahli lainnya.
Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.
Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII sampai dengan IX meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII sampai kelas IX ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.
Harapan penulis buku ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah masing-masing. Penulis juga berharap buku ini dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa serta turut melestarikan kerajinan, budaya, dan teknologi bangsa Indonesia.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam upaya penyusunan buku ini. Untuk itu segala saran dan kritik demi perbaikan buku ini sangat penulis nantikan.
Tim Penulis Buku Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013
BUKU SISWA ---- BUKU GURU
MATERI POWER POINT (PPT) KELAS VII KURIKULUM 2013
- Materi PPTX : Kerajinan Dari Bahan Serat Alam
- Materi PPTX : Produk Kerajinan Dari Serat Alam
- Materi PPTX : Kerajinan Dari Bahan Plastik dan Kertas
- Materi PPTX : Produk Kerajinan dari Bahan
- Materi PPTX : Membuat Sketsa dan Gambar Konstruksi
- Materi PPTX : Teknologi Gambar Konstruksi
- Materi PPTX : Manipulasi Jenis dan Fungsi Teknologi Konstruksi
- Materi PPTX : Produk Teknologi Konstruksi
- Materi PPTX : Komoditas Tanaman Sayur
- Materi PPTX : Tahapan Budi Daya Sayur
- Materi PPTX : Komoditas Tanaman Obat
- Materi PPTX : Tahapan Budi Daya Tanaman Obat
- Materi PPTX : Mengolah Buah Menjadi Makanan dan Minuman
- Materi PPTX : Mengolah Hasil Samping Buah Menjadi Produk Tangan
- Materi PPTX : Mengolah Sayur Menjadi Makanan dan Minuman
- Materi PPTX : Mengolah Hasil Samping Sayur Menjadi Produk Tangan
KERAJINAN SERAT
Pertemuan 1 - Pengertian Serat Alam
Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 2 - Jenis Bahan Serat
Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 3 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 4 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 5 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 6 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 7 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 8 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 9 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 10 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
KELAS 8
BUKU SISWA ---- BUKU GURU
Pertemuan 1 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 2 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 3 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 4 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 5 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 6 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 7 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 8 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 9 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 10 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
KELAS 9
BUKU SISWA ---- BUKU GURU
Pertemuan 1 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 2 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 3 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 4 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 5 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 6 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 7 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 8 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 9 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi
Pertemuan 10 Ringkasan Meteri ---- Penilaian ---- Hasil Penilaian ---- Evaluasi